Tingkatan Mahasiswa Dalam Bahasa Inggris

Jika kalian adalah mahasiswa baru Departemen Inggris atau Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, atau kalian adalah mahasiswa baru yang sedang menempuh pendidikan di kampus luar negeri, kalian pasti menjumpai terminologi-terminologi yang merujuk kepada status kalian sebagai mahasiswa di tempat tersebut. Adalah wajar jika kalian bingung, karena memang terkadang, term-term yang berbeda tersebut berasal dari sistem pendidikan yang ada di negara-negara yang penuturnya bahasa Inggris yang secara umum sistemnya berbeda dengan apa yang ada di negara kita.

Meskipun demikian, kalian tidak usah bingung. Tulisan ini hadir untuk kalian agar kalian tenang karena dapat digunakan sebagai panduan agar kalian tidak terlalu kehilangan arah di kampus baru kalian. Panduan ini penting untuk di ketahui mengingat terkadang hal-hal kecil seperti ini seringkali membawa kalian pada situasi yang lebih serius. Perlu dipahami, bahwa panduan ini mungkin tidak berlaku secara mutlak karena sistem pendidikan di luar sana bisa jadi berbeda. Namun setidaknya, panduan ini memberikan gambaran global pada kalian dari perbedaan yang ada yang berhubungan dengan status kalian sebagai mahasiswa

Tingkatan Berdasarkan Program

Jika kalian adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan (kira-kira lamanya 1 tahun) untuk mendapatkan sertifikat tertentu (Certificate Degree), atau kalian adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan 2 tahun untuk mendapatkan gelar Diploma (Associate Degree) atau kalian mahasiswa S1 atau sedang menempuh pendidikan Sarjana (Bachelor Degree), maka kalian akan dipanggil sebagai mahasiswa Undergraduate/Undergrad.

Jika kalian adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Masters atau Doctorate, maka kalian akan dipanggil sebagai mahasiswa Graduate. Namun jika kalian telah menempuh pendidikan Doctorate namun masih betah untuk mengikuti pendidikan di universitas sebagai jalan untuk lebih mempertajam keilmuan kalian, maka kalian akan dipanggil sebagai mahasiswa Postdoctoral/Postdoc.

Tingkatan Berdasarkan Senioritas

Jika kalian adalah mahasiswa yang terhitung sebagai mahasiswa baru atau mahasiswa yang berada dalam masa pendidikan kurang dari 1 tahun (1 atau 2 semester), maka kalian akan dipanggil sebagai Freshman.

Jika kalian adalah mahasiswa yang sedang menjalani tahun kedua pendidikan kalian di kampus (semester 3 atau 4) maka kalian akan dipanggl sebagai Sophomore.

Jika kalian adalah mahasiswa yang sedang menjalani tahun ke tiga pendidikan kalian di kampus (semester 5 atau 6), maka kalian akan dipanggil sebagai Junior

Jika kalian berada pada masa-masa akhir pendidikan kalian di kampus (semester 7, 8, 9 10 ke atas), maka kalian akan dipanggil sebagai Senior.

Jika kalian telah lebih dari 5 tahun belajar dikampus namun tidak ada tanda-tanda lulus, maka siap-siaplah kalian akan dipanggil sebagai mahasiswa abadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: