Apa Makna Di balik Nama Keluarga Orang Inggris?

Masyarakat Inggris memiliki sistem nama yang berbeda dari sistem nama yang dianut oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat tersebut mengenal apa yang disebut sebagai surname/family name/last name yaitu nama akhir yang merujuk pada identitas keluarga, kelompok atau komunitas. Sistem ini dulunya muncul sebagai salah satu bentuk terobosan sosial yang diciptakan masyarakat Inggris kuno untuk mengatasi permasalah yang berhubungan dengan pengidentifikasian seseorang di masa tersebut.

Di jaman dulu, masyarakat Inggris terbiasa menamai anak mereka dengan ‘christian name’ seperti John, George, Henry, Peter, dan sebagainya yang biasa diberikan kepada bayi pada ritual sakramen pembaptisan. Nama-nama tersebut merupakan nama-nama santo  atau orang yang dianggap suci dan baik dan dipilihkan untuk anak-anak dengan harapan agar anak-anak mereka kelak dapat menjadi seperti orang-orang baik tersebut.

Yang menjadi persoalan adalah; karena masyarakat pada masa itu merasa bahwa pemberian nama-nama tersebut kepada anak-anak mereka merupakan sebuah budaya yang bagus, maka dalam satu desa atau kota kecil seringkali dijumpai banyak keluarga yang menamai  anak-anak mereka dengan nama John, George, Henry, Peter. Akibat dari kesamaan ini, masyarakat terkadang menjadi sulit untuk membedakan John atau George yang satu dengan yang lainnya. Akibatnya, salah paham dalam komunikasipun sering terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, maka masyarakat Inggris pada jaman tersebut menambahkan nama belakang untuk membedakan identitas para pemilik nama. Biasanya nama belakang ini berkaitan dengan profesi dari keluarga atau nenek moyang dari sang anak tersebut.  Dari situlah kita sekarang mengenal nama John Baker (yang berarti John yang berasal dari keluarga atau memiliki nenek moyang yang pekerjaannya adalah pembuat roti), John Smith (seorang professional atau keturunan pandai besi), John Thatcher (pembuat atap rumah dari tumpukan jerami), dan masih banyak lagi lainnya.

Artikel ini ditulis dalam rangka menginformasikan kepada kalian sedikit informasi terkait sejarah/asal dari berbagai nama belakang atau ‘surname’ yang unik dan menarik. Berikut ini adalah daftar terbatas dari surname yang basa digunakan oleh masyarakat Inggris.

Baxter: Nama keluarga ini merujuk pada mereka yang profesinya atau profesi keturunannyanya merupakan pembuat roti. Nama ini merupakan varian dari kata dari Baker yang juga berarti pembuat roti.

Coleman, Collier. Nama keluarga ini merujuk pada mereka yang berprofesi sebagai penambang batu bara.  

Fletcher. Nama ini dipengaruhi oleh bahasa Prancir karena tana Fletcher berasal dari bahasa Prancis, ‘fleche’ yang artinya panah. Dengan demikian, Fletcher adalah nama keluarga diberikan pada mereka yang berprofesi sebagai pembuat panah. Variasi dari nama keluarga ini adalah ‘Arrowsmith.’ Yang diambil dari kosakata asli bahasa Inggris.

Latimer. Nama keluarga ini ditujukan kepada mereka yang memiliki tingkat pendidikan tinggi. Pada jaman tersebut, tidak banyak orang yang bisa baca tulis huruf latin. Mereka yang memiliki profesi sebagai penulis, penterjemah bahasa Latin disebut sebagai  ‘Latimer.’

Shepherd Merupakan nama keluarga yang merujuk pada penggembala; ‘herd’ artinya penggembala. Salah satu variannya adalah Coward, yang merupakan modifikasi dari ‘cowherd’ yaitu gembala sapi. Ada juga Howard yang merujuk pada kelurga yang memiliki pekerjaan menggembala babi ‘hogward.’ Demikian juga nama Goddard. Nama keluarga ini berasal darii kata ‘goat herd’ yang berarti ‘penggembala kambing.’

Scully. Merupakan nama keluaga yang merujuk pada mereka yang berprofesi sebagai ilmuwan atau sarjana ‘Scholar.’

Mason. Merupakan nama keluarga yang merujuk pada para keluarga yang berprofesi sebagai tukang batu. Dalam bahasa Inggris, ‘mason’ berarti ‘tukang batu,’

Marshall. Merupakan nama keluarga yang merujuk pada profesi sebagai penjaga kuda.  

Mercer. Nama keluaga yang merujuk pada profesi sebagai ‘merchant’ yaitu pedagang.

Miller. Nama ini merujuk pada keluarga yang berprofesi sebagai perakit alat penggiling gandum.

Palmer. Di berikan pada mereka yang memiliki latar belakang keagamaan yang baik. Pada waktu itu, tidak banyak dari mereka yang berziarah ke tanah suci Jerusalem. Mereka yang terbiasa berziarah kemudian ketika pulang membawa  buag dan daun palem alias ‘palm.’ Kemudian disebut sebagai Palmer.  

Porter. Nama ini merujuk pada keluarga yang berprofesi sebagai penjaga pintu.

Spencer. Di jaman kuno dulu, puri-puri besar para bangsawan biasanya dilengkapi gudang yang menyimpan segala barang kebutuhan. Gudang penyimpanan itu disebut ‘spence’ dan penjaga gudangnya disebut ‘Spencer.’ Jadi nama keluarga Spencer merujuk pada keluarga yang berprofesi sebagai penjaga gudang.

Todhunter. Apa pekerjaan keluarga Todhunter? Kata Tod merupakan kosakata bahasa Inggris kuno, yang merujuk pada rubah. Jadi dengan demikian, nama keluarga Todhunter ini disematkan pada mereka keluarga yang berprofsi sebagai pemburu rubah.  

Travers, Travis. Nama keluarga yang merujuk pada profesi sebagi penarik pajak jembatan atau jalan yang ‘toll-bridge collector’

Tyler. Nama keluarga yang merujuk pada mereka yang profesinya sebagai pemasang ubin atau genting.

Warner. Nama keluarga Warner, merupakan modifikasi dari nama ‘warrener’ yang berarti pengurus binatang di kebun raya. Dengan demikian, jika ada seseorang yang bernama akhir Warner, dapat dipastikan keluarganya, atau nenek moyangnya dahulu memilii profesi sebagai pengurus kebun raya.

Weaver. Nama ini merujuk pada keluarga yang berprofesi sebagai tukang tenun. Adapun variannya adalah adalah Webster.

Weller. Mungkin anda bisa menduga dengan mudah: ‘well’ adalah sumur, dan memang benar, Mr. Weller adalah penggali sumur atau setidaknya keturunan tukang sumur.

Wright. Merupakan nama keluarga yang merujuk pada mereka para pembuat berbagai perkakas dari kayu. Nama Wright ini ada banyak jenisnya karena jenis-jeni perkakas yang dibuat oleh orang-orang pada masa itu juga banyak. Akibatnya, nama Wright memiliki banyak variasi seperti Cartwright (berarti seseorang yang berasal dari keluarga pembuat gerobak atau dokar), atau Wheelwright/ Wainwright/Wayne yang merupakan keluarga pembuat roda dari kayu.

Jika anda punya informasi tambahan terkait nama-nama ini, share dibagian komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: