KAMUS BAHASA GAUL (UPDATE)

Oleh: Iqbal Nurul Azhar

Bahasa gaul, atau bahasa slang Indonesia adalah ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak-anal muda. Ragam bahasa ini biasanya muncul pertama kali di ibukota dan seiring berjalannya waktu, kemudian menyebar ke daerah lain di seluruh Indonesia. Sebagian besar kosakata dari bahasa ini tidak ditemukan di dalam KBBI. Bahasa gaul biasanya berupa kosakata-kosakata bahasa Indonesia atau kosakata-kosakata bahasa local seperti Betawi, Jawa, Sunda, dll, yang mendapat modifikasi mulai dari bentuk, gaya dan makna.

Bahasa gaul yang digunakan oleh orang Indonesia, biasanya jarang dijumpai di negara-negara lain kecuali di komunitas-komunitas Indonesia. Secara umum, bahasa gaul yang berkembang di Indonesia kebanyakan dipengaruhi oleh bahasa Betawi yang mengalami penyimpangan pemakaian kata oleh kaum remaja Indonesia yang tinggal di Jakarta.

Bahasa gaul awalnya digunakan oleh kalangan preman atau anggota komunitas subkultur (seperti komunitas waria, gay dan lesbi) yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain secara rahasia. Agar kalimat mereka tidak diketahui oleh kebanyakan orang, mereka merancang kata-kata baru dengan cara antara lain mengganti kata ke lawan kata, mencari kata sepadan, menentukan angka-angka, penggantian fonem, distribusi fonem, penambahan awalan, sisipan, atau akhiran. Pada dasarnya, bahasa ini untuk memberkan kode kepada lawan bicara. Dalam konteks kekinian, bahasa gaulan anak-anak remaja ini merupakan dialek bahasa Indonesia nonformal yang makin lama makin dikenal khalayak ramai setelah Debby Sahertian (seorang artis ibukota) mengumpulkan kosakata yang digunakan dalam komunitas tersebut dan menerbitkan kamus yang bernama Kamus Bahasa Gaul pada tahun 1999.
Berikut ini adalah beberapa bahasa gaul yang marak digunakan oleh anak muda ketika mereka melakukan komunikasi antar sesamanya.

4646
Kode istilah ini merupakan kode baru di tahun 2020 yang akan menjadi bahasa gaul kekininan. Dalam kode Bahasa Gaul , arti 4646 adalah patnam patnam. Jika dibalik akan menjadi mantap mantap.

599
599 sendiri sebenarnya merupakan artian dari PAP nenen (susu/payudara) yang dibuat seakan akan tidak terlihat mesum dengan menggantinya dengan bahasa inggris yaitu Five nine nine atau kalau di angka 599 ini.

AJIB
Artinya Enak, Asyik, atau Klabing. Kata ini mulai populer di tahun 90an tatkala musik trance dan narkoba jenis shabu2 baru mulai populer. Kata ini biasanya digunakan oleh para penikmat kedua hal itu. Istilah ini diambil dari suara hentakan tempo musik trance yang kalo didengar dengar teliti memang terdengar seperti “Ajib, ajib…. ajib, ajib….”.

ALAY
Singkatan dari Anak Layangan, yaitu orang-orang kampung yang bergaya norak. Alay sering diidentikkan dengan hal-hal yang norak dan narsis.

ANJAY
Meski dari asal kata yang terbilang enggak sopan atau umpatan, yakni ‘anjing’. Kata anjay jadi sering dipakai karena sudah diperhalus menjadi kekinian. Biasanya digunakan untuk mengekspresikan rasa kagum.

ANJIR
Ungkapan untuk sesuatu yang begitu wah atau terkejut.

BEGICHU/BEGICYU
Biasanya kata ini disebutkan dengan penekanan di bagian belakang (yaitu memonyongkan bibir). Kata ini sendiri digunakan secara tidak sengaja oleh seorang anak kecil bernama Saipuddin, 3 tahun, asal Madura. Kata ini kemudian banyak dipopulerkan oleh artis. Salah satunya adalah Titi DJ.

BINUN
Binun adalah istilah yang memiliki arti “bingung”. Anak gaul yang sudah merasa pusing, maka akan mengatakan binun. Binun hanya menghilangkan huruf “g” pada kata asli bingung.

BRO/VROH/BRAY
Panggilan bagi seseorang yang akrab dengan orang yang memanggilnya.

BT/BETE
Merupakan singkatan dari Boring Total. Tadinya orang menduga kata ini dipopulerkan oleh Dwiq saat merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008. Padahal kata ini sudah lama digunakan oleh para mahasiswa yang bosan dengan program perkuliahan mereka. Kata ini mulai populer dan digunakan di awal tahun 2000an.

BUCIN
Kata Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Istilah budak cinta yang digunakan merujuk pada pria atau wanita orang yang tergila-gila akan cinta, orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

BONYOK
Kata ini merupakan singkatan dari Bokap-Nyokap (orang tua). Tidak jelas siapa yang mempopulerkan kata ini, tapi kata ini mulai sering digunakan diperiode awal 2000an, ketika bahasa sms mulai populer di kalangan remaja.
Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) sendiri merupakan istilah yang telah populer sejak tahun 80an dan masih digunakan hingga hari ini.

CABS
Ini juga merupakan kata yang mengalami proses yang teramat gaul. Pasalnya ‘cabs’ berasal dari kata ‘cabut’ yang dipendekkan dan diberi tambahan huruf ‘s’ biar mantep. Sedangkan ‘cabut’ sendiri dipilih untuk kata lain dari ‘pergi’ ‘atau ‘berpindah’.

CEMUNGUT/CEMUNGUDH
Istilah dalam bahasa gaul yang berate “Semangat”

CENGLI
Merupakan kata dari bahasa Hokkian yang berarti “Bertindak Adil”. Kata ini memang lazim digunakan oleh masyarakat perantauan Tionghua dari suku Hokkia. Karena sering digunakan dalam percakapan bisnis, maka lama-kelamaan menjadi kata umum yang digunakan dalam kegiatan sehari2.

CEPU
Cepu, merupakan istilah yang disematkan kepada seeorang yang tidak bisa menjaga informasi atau hal-hal penting dari teman ataupun rekannya. Biasanya perilaku ini identik dengan perilaku orang yang nusuk dari belakang, “teman dalam selimut”, orang yang mengadukan kita kepada orang lain padahal kita sudah merahasiakan informasi tersebut kepada orang lain itu.

CIYUS MIYAPAH
Ciyus adalah stilah bahasa gaul yang berarti “Serius”. Adapun Miyapah bermakna “Demi Apa?”

CUMI
Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Awalnya kata ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008an, yang akhirnya berkembang menjadi bahasa gaul anak-anak remaja untuk menjelaskan kondisinya saat ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.

EMBER
Kata ini merupakan plesetan dari kata “Memang Begitu”. Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secara tidak sengaja menyebut kata ini saat menjawab pertanyaan orang. Sejak itu, kata ini sering digunakan di berbagai kesempatan.

ENELAN
Enelan adalah stilah bahasa gaul yang berarti “Beneran”.

FUCEK
Kata fucek pertama kali muncul dari sebuah postingan video Instagram akun @asprinurdin12 seorang selebgram yang memiliki jumlah ratusan ribu follower. Fucek sendiri adalah kata lain dari Fu*k yang diambil dari bahasa Inggris yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia mengandung makna umpatan atau makian kepada lawan bicaranya.

GABUT
Kali ini urusanya agak rada panjang, kata ‘gabut’ proses terciptanya perpaudan dari kependekan dan pemangkasan. Berawal dari kata ‘magabut’ yang artinya makan gaji buta, atau keadaan seorang yang enggak ngapa-ngapain tapi dapet gaji. Nah berhubung kata singkatan tersebut nilai masih terlalu panjang dan hanya bisa di gunakan untuk orang yang sedang bekerja, jadilah sering pakai ‘gabut. Atau orang sering menyebutnya ‘galau buta’, tapi artinya masih sama sih.

GAJE
Gaje merupakan singkatan dari “Gak Jelas” atau Enggak Jelas banget.

GAYUS
Merupakan sebutan sindiran untuk orang yang gila uang dan berusaha mendapatkan uang dengan berbagai cara yang tidak halal. Ungkapan ini populer di awal tahun 2010 setelah seorang pejabat pajak negara bernama Gayus diciduk polisi lantaran ketahuan menilap uang negara sebesar Rp 67 milyar.

GANDENG
Kata ini pun merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “berisik”. Sama seperti garing, kata ini dibawa dan dipakai oleh para mahasiswa luar Jawa Barat yang sempat kuliah di tanah Parahyangan itu, yang pada akhirnya membuat kata ini menjadi terkenal dan beberapa kesempatan dipakai.

GARING
Kata ini merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Awalnya kata-kata ini hanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun karena banyaknya mahasiswa luar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) lalu kembali ke kota kelahiran mereka, kata ini kemudian dipakai mereka dalam beberapa kesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kata ini pun menjadi populer di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.

GENERASI MICIN
Pada awal tahun 2018 di indonesia banyak yang menggunakan istilah “Generasi Micin”. Kata ini buat menunjukkan bagi perilaku anak zaman sekarang yang susah dinasehatin atau alay.

GHOSTING
Arti Ghosting dalam Kamus Bahasa Gaul yang Sering Digunakan oleh Anak Muda di MedSos Fb, IG, Twitter. Secara istilah, Ghosting adalah keadaan dimana gebetan/orang yang kita taksir tiba-tiba menghilang begitu saja tanpa penjelasan padahal sebelum-sebelumnya sering berkomunikasi.

JABLAY
Kata ini dipopulerkan oleh Titi Kamal saat menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006).Merupakan singkatan Jarang Dibelai yang mengandung arti lebih jauh sebagai ungkapan hati seorang wanita yang jarang mendapatkan belaian kasih sayang kekasihnya.

JAPRI
Japri yaitu singkatan dari jalur pribadi, atau untuk chatingan berdua saja tidak dengan yang lain.

JAYUS
Saya tadinya mengira kata ini merupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapi tidak lucu. Istilah Jayus populer di tahun 90an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman2nya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di kawasan Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidak lucu.

JUTEK
Berasal dari kata yang sering digunakan oleh para PSK di awal tahun 2000an untuk menggambarkan pria yang sombong dan jarang tersenyum. Kata ini akhirnya menjadi kata umum yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.

KAMSUD
Merupakan pembalikan konsonan kata “Maksud”. Kata ini mulai populer, terutama di kalangan para cewek di ruang chatting dunia maya.

KATROK
Orang kampung / orang desa. Kata ini dipopulerkan oleh Tukul Arwana saat membawakan acara Empat Mata sekitar tahun 2007an (kini berubah menjadi acara Bukan Empat Mata). Kata ini kemudian menjadi bahasa umum untuk menggambarkan orang yang kampungan / norak banget.

KEPO
Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

KRIK KRIK KRIK
Adalah suara jankrik. Istilah ini biasaya digunakan dalam pembicaraan di dunia maya, untuk menggambarkan kondisi yang sangat garing / tidak lucu. Kata ini berasal dari adegan film-film kartun yang sering menampilkan suasana hening – dengan latar belakang suara jengkrik – mana kala seseorang bercanda namun tidak lucu. Pemakaiannya cukup sederhana, yaitu saat menanggapi komentar / ucapan seseorang, penulis tinggal menulis kata “Krik” berulang-ulang, menandakan bahwa penulis menganggap ucapan orang itu gak lucu banget.

KOOL
Sekilas cara membacanya sama dengan “cool” (keren), padahal kata ini merupakan singkatan dari KOalitas Orang Lowclass, yang artinya mirip dengan Alay.

LEBAY
Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.

LOL
Kata ini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Kata itu merupakan singkatan dari Laugh Out Loud yang berarti “Tertawa Terbahak-bahak”.

MAGER
Merupakan kependekan dari Malas Gerak. Biasanya ini dipakai kalau kita lagi diajakin pergi tapi kita malas buat ikut, maka tercipatalah kata ‘mager’ yang fenomenal.

MENEKETEHE
Kata ini sebenarnya berasal dari kata “Mana Kutahu” dan diplesetkan oleh Tora Sudiro sekitar awal tahun 2000an, di acara Extravaganza TransTV. Istilah itu cukup populer dan saat ini cukup sering digunakan orang.

MODUS
Bermakna seseorang yang mempunyai niat yang terbalik dari perbuatannya tersebut. Kepanjangan modus ialah modal dusta.

MUTUALAN
Mutualan” adalah istilah dari saling follow dan merupakan bahasa halus dari minta follback. Sama halnya dengan facebook, twitter juga mempunyai fitur rekomendasi teman berdasarkan “mutual friend”. Sehingga dengan saling follow kita akan lebih banyak mendapatkan rekomendasi teman yang bisa kita percaya untuk di follow. Atau sebaliknya, kita juga bisa muncul di rekomendasi teman di akun mutual follower seseorang yang udah kita ajak mutualan tadi, sehingga follower mudah berdatangan.

NONGS/NONGKI
Nongs/Nongki berasal dari kata ‘nongkrong’ yang artinya ngumpul bareng. Biasanya ada juga yang menyebut dengan ‘nongki’ dengan arti dan asal kata yang sama.

PANSOS
Pansos adalah istilah gaul dan merupakan singkatan dari Panjat Sosial. Sesuai namanya, arti pansos adalah untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di Media Sosial.

PEWE
Merupakan bahasa gaul anak muda yang berarti posisi yang enak, atau juga bisa dikatakan tempat yang nyaman.

PHP
Istilah ini merupakan singkatan dari Pemberi Harapan Palsu. Kata sebutan untuk orang yang selalu memberikan harapan palsu kepada orang yang sudah di janjikan.

PRIKITIU
Adalah celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap basah melakukan perselingkuhan. Adalah Sule, seorang komedian lokal, yang melontarkan celutukan nakal yang kini menjadi bahasa pergaulan itu.

SABI
Sabi merupakan kata gaul yang dibalik peletakannya dari kata aslinya yakni Bisa. Kata ini hanya memiliki satu arti saja yakni bisa yang artinya mampu , dan tidak memiliki maksud lainnya. Penggunaan kata ini dilakukan pada saat menanyakan sebuah rencana maupun meminta pendapat dengan lawan bicara.

SA AE LAU
‘Sa ae Lau’ juga dari singkatan ‘bisa aja loe’. Wah sepertinya generasi sekarang ini mulai males bicara, habis disingkat-singkat semua kata-katanya.

SECARA
Kata ini sebenarnya adalah bahasa Indonesia, yang bermakna “Adalah”. Namun kata ini menjadi populer di tahun 2006an di kalangan siswa-siswi SMU yang menggunakan kata ini sebagai kata ganti “Karena / Soalnya”. Sesekali pula digunakan sebagai sisipan tanpa makna (hanya sebagai penekanan pada kalimat yang mereka katakan). Contoh pemakaiannya :
a. Gua gak bisa ke rumah lo neh hari ini, secara bokap gue lagi sakit.
b. Ya… gimana dong? Secara gue ini kan gaul…

SEGEDE GAMBRENG
Kata “gambreng” berasal dari suitan anak-anak (hompimpah alaihum gambreng), yang menunjukkan siapa yang menang dalam suitan tersebut. Belakangan, sekitar tahun 2007an, kata ini digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang besar sekali (dan sulit diungkapkan dengan kata-kata).

SEGEDE GOBLOK
Mirip dengan ungkapan “Segede Gambreng”, kata “Segede Goblok” menunjukkan sesuatu yang besarnya luar biasa dan – sakin besarnya – jadi ga masuk akal. Gak jelas siapa yg mempopulerkan kata ini, tapi diduga kata ini pernah diucapkan oleh beberapa MC di televisi (entah Indra Bekti, Iva Gunawan, atau Ruben Onsu)

SEPIK
Selain membalik, kata gaul yang kekinian sering juga berasal dari bahasa Inggris yang dieja dengan logat Indonesia. Seperti kata ‘sepik’, berasal dari Bahasa Inggris ‘speak’ artinya ‘bicara’.

SONGONG
Merupakan kata yang diungkapkan bagi orang yang sok belagu atau sombong.

TAKIS
Kata ‘takis’ ini biasa keluar kalau kalian lagi naksir seseorang dan teman kamu kasih saran buat ‘takis’ itu berarti artinya buruan di ‘sikat’ sebelum keduluan yang lain.

Typo
Ialah sebuah klip dari kata yang berasal typography yang digunakan untuk orang yang salah menulis atau mengetik dari kata atau bahasa baku.

YIUK….!!
Kata yang merupakan bentuk ajakan ini dipopulerkan oleh Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan (anggota grup GSP). Kata ini sempat populer di awal tahun 90an dan sering digunakan oleh Lenong Rumpi. Di awal tahun 2000an, kata ini kembali populer sejak digunakan oleh Indra Birowo dan Tora Sudiro di acara Exravaganza. Karena sering digunakan saat mereka berperan sebagai bencong, maka kata ini identik dengan panggilan kaum waria / bencong.

YXGQ
Nah untuk singakatan yang aneh ini sudahkah di antara kalian yang paham? YXGQ berasal dari kata ‘ya kali ga kuy’. Masih bingung? Kata ‘Kuy’ sendiri juga mengalami proses pembalikan kata, yakni dari kata ‘yuk’. Sehingga ‘ya kali ga kuy’ bisa diartikan ‘ ya kali masa enggak yuk’atau ‘ya iyalah masa enggak’.

WOLES
Kata dari kebalikan selow, kemudian di balik oleh anak muda-mudi menjadi “Woles”

SUMBER-SUMBER

  1. https://sumsel.tribunnews.com/2021/04/04/arti-cepu-dalam-bahasa-gaul-dan-contoh-kalimatnya-di-media-sosial.
  2. https://surabaya.tribunnews.com/2020/08/10/apa-itu-bucin-pansos-dan-pap-ini-penjelasannya-simak-juga-update-bahasa-gaul-lengkap-dengan-arti?page=2
  3. https://bali.tribunnews.com/2016/10/17/10-bahasa-kekinian-di-medsos-abg-yang-bikin-bingung-ini-artinya?page=4
  4. https://sumsel.tribunnews.com/2020/01/13/apa-itu-mutualan-dalam-bahasa-gaul-sering-disebut-pengguna-twitter-ini-arti-mutualan?page=2

  16 comments for “KAMUS BAHASA GAUL (UPDATE)

  1. November 23, 2012 pukul 6:56 am

    o begichu

  2. November 23, 2012 pukul 6:57 am

    oh begitu ye bhasa allay cucoooooooooooooooooooooooooo

  3. November 23, 2012 pukul 6:58 am

    ciyus mi apa !!!

  4. November 23, 2012 pukul 7:02 am

    sengkilllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  5. November 23, 2012 pukul 7:04 am

    buat eu buat eu buat eu ciyusssssssss mi apa eu ue end

  6. Januari 24, 2013 pukul 6:24 am

    mode buangetz Cciiyuuz lloch begitcyu crtane

  7. bela
    April 16, 2013 pukul 5:03 am

    ……………

  8. @bayu febri4
    April 24, 2013 pukul 1:52 pm

    alay smua

  9. Mei 1, 2013 pukul 10:00 pm

    Fantastic post however I was wondering if you could write a litte more on this subject?
    I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more. Appreciate it!

  10. fAKRY dian Fajar
    Mei 25, 2013 pukul 4:12 am

    ajiiiiiiiiiibb

  11. isur86
    Mei 25, 2013 pukul 6:55 am

    ough….begichu ea.

  12. Juli 12, 2013 pukul 2:45 am

    Keren bgt

  13. Suri Darmayati
    September 12, 2013 pukul 1:53 pm

    Cucok deeeeh!!!! 🙂

  14. Bella88
    Agustus 31, 2015 pukul 9:35 am

    Ohh…Begono…..!!!

  15. Damita
    Oktober 7, 2015 pukul 10:08 am

    kalo ‘ketaker’ apaatuhh?

  16. Oktober 12, 2021 pukul 3:15 pm

    Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat. Saya memiliki artikel terkait, silahkan kunjungi web berikut
    https://repository.unair.ac.id/72790/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: